<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

Museum Anak Kolong Tangga, Museum Mainan Anak Pertama di Indonesia

Museum Anak Kolong Tangga, Museum Mainan Anak Pertama di Indonesia

Museum Anak Kolong Tangga terletak di bawah kolong tangga concert hall Taman Budaya Yogyakarta. Museum yang digagas oleh pria berkebangsaan Belgia ini merupakan museum mainan anak-anak yang pertama ada di Indonesia.

Anak-anak dan mainan adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, karena dunia anak adalah dunia bermain. Seiring kemajuan jaman dan perkembangan teknologi, aneka mainan tradisional banyak yang menghilang dan dilupakan oleh anak-anak generasi sekarang. Beranjak dari keprihatinan akan hal tersebut, maka Rudi Corens seorang berkebangsaan Belgia yang sudah lama tinggal di Indonesia mendirikan sebuah museum untuk anak-anak.

Mengambil tempat di bawah kolong tangga gedung pameran dan concert hall Taman Budaya Yogyakarta, museum ini pun dinamakan Museum Anak Kolong Tangga. Museum ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi yang terdiri dari mainan (toys), buku cerita, poster, gambar, dan masih banyak lagi. Koleksi tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia namun juga dari benua lain.

Uniknya, mainan yang ada di museum ini bukanlah mainan anak-anak hasil buatan pabrik melainkan mainan tradisional buatan tangan yang mengandung unsur budaya, tradisi, bahkan mitos pada jamannya. Beberapa jenis mainan yang bisa ditemui antara lain kuda-kudaan dari katu, mainan motor kayu, miniature rumah-rumahan, gasing dari berbagai negara, laying-layang, dan masih banyak lagi. Yang pasti di tempat ini pengunjung bisa belajar tentang banyak hal.

Workshop Untuk Anak-Anak dan Pengunjung

Bagi pengunjung yang datang secara rombongan (minimal 15 orang), pengunjung dapat meminta kepada pihak pengelola museum untuk diadakan workshop permainan tradisional. Selain workshop untuk pengunjung, museum ini juga sering mengadakan workshop dan aneka kegiatan untuk anak-anak di akhir pekan. Kegiatan tersebut bisa berupa story telling, belajar membuat kerajinan tangan, menari, dan masih banyak lagi. Selain mengikuti workshop dan menyaksikan aneka koleksi mainan yang menarik, pengunjung juga bisa membeli mainan tradisional yang dijual di tempat ini dengan harga terjangkau.

Lokasi Museum dan Jam Buka

Museum Anak Kolong Tangga terletak di kompleks TBY, Jl Sriwedari No 2, tak jauh dari Kawasan Titik Nol Yogyakarta. Museum ini buka pada hari Selasa – Jumat (09.00 – 13.00 WIB) dan Sabtu – Minggu (09.00 – 16.00 WIB). Bagi pengunjung yang berusia di bawah 15 tahun tidak perlu membayar tiket masuk.

© 2019 Delias Travel. All Rights Reserved